Ribuan Anak Sawahlunto akan Ikuti Imunisasi Polio

boys green crew-neck shirt Polio
Photo by CDC on Unsplash

Sawahlunto–Sebanyak 6.897 anak Sawahlunto akan menjalani imunisasi di Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024. PIN polio telah dimulai sejak 23 Juni 2024.

Untuk mensukseskan imunisasi polio ini butuh dukungan orang tua, guru, pemuka adat, agama dan stakeholder lain diperlukan perannya untuk sukses PIN Polio tahap 2 di 2024 agar semua anak diimunisasi polio. Selain di posyandu, imunisasi polio dilaksanakan di puskesmas di sekolah-sekolah, PAUD, Taman Kanak-kanak dan SD.

Pentingnya imunisasi ini bagi anak karena dampaknya luar biasa. Penyakit polio dapat menyebabkan lumpuh permanen pada anak, dan tidak dapat disembuhkan. Meski begitu, polio dapat dicegah dengan imunisasi.

Kasus penyakit polio di Sawah Lunto tidak ada. Kendati demikian, seluruh pihak untuk berhati-hati atas penyakit polio di kota ini. Adanya PIN ini semakin terlindungi anak-anak Sawahlunto dari kasus polio.

Untuk mensukseskan adanya kegiatan vaksin polio ini juga dibutuhkan peran organisasi yang membidangi seputar farmasi dan Kesehatan, seperti Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Sawahlunto Sumatera Barat.

PAFI yang berdiri para 13 Februari 1946 di Yogyakarta ini berperan dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia, salah satunya di Kota Sawahlunto. Dengan meningkatkan peran serta bidang farmasi, PAFI Kota Sawahlunto membantu literasi dan pengetahuan tentang kesehatan di masyarakat.

PAFI juga berperan dalam memastikan bahwa apotek-apotek di seluruh Indonesia menjalankan praktik yang baik dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan melibatkan PAFI Kota Sawahlunto dalam pengaturan dan pengawasan apotek, masyarakat dapat memiliki akses ke obat-obatan yang berkualitas dan aman.

PAFI juga berfungsi sebagai wadah kolaborasi dan pertukaran informasi antara para profesional farmasi di Indonesia. Melalui konferensi, seminar, dan pertemuan lainnya, PAFI memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara anggotanya.

PAFI Kota Sawahlunto harus terus memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya Kesehatan bagi masyarakat. Melalui jaringan PAFI yang tersebar di Indonesia, salah satunya PAFI Kota Sawahlunto akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam bidang farmasi dan Kesehatan. https://pafisawahluntokota.org.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.